Sunday, April 25, 2010

resep sponge cake







sponge cake adalah cake yang ringan dan lembut, juga ada remahnya.
Cake ini sederhana banget jaman dulu sering disebut bolu aja.
Favoritnya suamiku tersayang.
Meskipun sederhana ada teknik pembuatan yang perlu diperhatikan sehingga sponge cake ato bolu kita bisa cantik.
resep berikut saya dapatkan dari milis ncc..

berikut resepnya :

SPONGE CAKE TANPA EMULSIFIER
bahan:
4 butir telur
100gr gula pasir
1/2 bgks vanili
100gr tepung segitiga
50gr mentega
cara:
Siapkan baskom besar isi dengan air panas. kemudian siapkan baskom yang lebih kecil dari tadi,rendam didalam baskom besar tersebut. masukan telur dan gula kemudian kocok dengan mikser secara bertahap. pertama dengan kecepatan 1, setelah gula larut naikkan kecep mikser jadi 2, setelah 3 menit, naikkan menjadi 3. kegunaan baskon berisi air panas tersebut adalah untuk membantu supaya telur bisa mengembang dengan baik. setelah telur mengembang kecilkan mikser menjadi satu kemudian masukkan tepung, setelah rata, masukkan mentega yang telah dicairkan (untuk mencairkan mentega dengan api kecil saja supaya minyaknya tidak memisah). Aduk perlahan kembali dengan spatula sebentar saja. lalu tuang kedalam loyang tulban dia. 18 cm dan panggang.
Catatan:
untuk sponge cake tanpa emulsifier, maksimal telur yang saya gunakan adalah 4, kalo lebih dari itu, tidak berani, takut tidak mengembang karena mikser yang saya gunakan hanya hand mikser saja. Jadi kalo mau buat banyak, buatlah per resep saja jangan sekaligus.
Dan juga langsung panaskan oven pada saat kita akan mulai mikser, sehingga pada saat adonan siap bisa langsung dioven, karena adonan tanpa emulsifier tidak bisa menunggu diluar oven bisa bantat nanti.


SPONGE CAKE ( DGN EMULSIFIER)
bahan:
8 butir telur
200gr gula pasir
1 sdm sp/ovalet
1 bgks vanili
200gr tepung segitiga
100gr mentega
cara:
kocok telur dan gula, setelah gula larut masukan ovalet, naikan mikser, kocok mengembang. masukan tepung aduk dengan kec. 1, sebentar aja, lalu masukan mentega cair, kocok. Setelah rata, sebelum dituang aduk kembali dengan spatula agar tidak ada mentega yang mengendap.
Tuang dalam loyang, panggang.
catatan:
Untuk adonan dengan emulsifier, adonan akan tetap stabil meskipun belum dioven, sehingga adonan ini cocok untuk cupcake.
Jangan lupa kuncinya adalah dipengocokan telur, gula, ovalet. ciri2nya kalo adonana udah mengental, adalah coba 'dulit -duh apa bahasanya ya .. masukan ujungjari cungkil sedikit adonan, nah kalo adonan enggak jatuh lagi berarti udah mengembang dan bagus deh.. soalnya kalo mau menjelaskan jambul petruk bingung aku.. hehehe
karena mikser yang aku gunakan hand mikser, makanya butuh waktu paling tidak 25 menit untuk mendapatkan hasil mengembang sempurna.


Oh Iya ...
ada lagi ..
kalo mau kuenya wangi terutama yang vanila ya .. bisa diberi sedikit roombutter pasti deh kuenya wangi .. udah dicoba sih.. biasanya aku kalo bikin aku pake margarin blue band dan butter dengan perbandingan 3:1, jadi wangi deh ...
Tapi kalo ekonomis, pake aja filma atau margarin blue band yang kiloan, enak juga kok .. ^_^


4 comments:

KenapaBuku said...

Mbak,

aku tiru resepnya yah,

thx lo buat sharing ilmunya


Erlina Febrianovida

Service Monitor dan LCD said...

telurnya kok bnyak bngt sih bukkk,,,, klo di kurangi bisa di gnti pke apa ya????

Rusda Hawaty said...

mb izin nyontek resepnya ya,makasih......

Ingrid Justicia said...

Vanilla 1 bungkus berapa sendok teh ya tuh ??

Post a Comment