Monday, April 12, 2010

Resep kue lidah kucing


Loyang lidah kucing adalah loyang yang digunakan untuk membuat kue kering, karena kue ini dicetak dengan cetakan berbentuk lidah, sehingga dinamakan kue lidah kucing.
Tapi sekarang karena ngetrend ^_^, kue ini tidak hanya dicetak dengan cetakan berbentuk lidah saja, ada yang berbentuk hati, bunga, dan kacang. Jadi deh kue yang cantik2...
Resep untuk kue ini bermacam2, ada yang memakai putih telur saja, ada yg menggunakan kuningnya, semua tergantung selera. Saya sudah mencoba kedua resep tersebut dan mendapatkan hasil yg berbeda.
Jika anda menyukai kue yang garing dan renyah, gunakan resep yg hanya menggunakan putih telur saja. Tapi jika suka agak empuk, gunakan resep yg menggunakan kuning telur.
Berikut resepnya akan saya lampirkan.. semoga cocok..

Lidah Kucing Putih Telur

diambil dari resepmami.com
bahan:
100gr mentega
80gr gula halus
100gr tepung terigu
2 btr putih telur

Cara Membuat :

Kocok mentega dan gula halus hingga mengembang sekali. Karena untuk kue ini dibutuhkan adonan yg bisa melebar. Lalu masukan tepung sedikit dikit. aduk hingga rata.
Kocok putih telur hingga kaku. masukan ke dalam adonan tadi, aduk rata.
Masukan adonan ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan pada loyang ditengah saja, nanti pada saat dipanggang adonan akan melebar dengan sendirinya.
Panggan adonan sampai kuning keemasan. jangan lupa loyang dioles dengan mentega.

Lidah Kucing dengan Kuning Telur
diambil dari dapuribu.com

BAHAN :

2 putih telur, kocok kaku
1 sendok makan kuning telur
100 gram mentega
100 gram gula halus
100 gram tepung terigu
1 sendok teh cokelat pasta

CARA MEMBUAT :
1. Kocok mentega, kuning telur, dan gula halus sampai menjadi krim.
2. Masukkan 1/3 bagian tepung terigu. Aduk lalu tambahkan 1/3 bagian putih telur.Aduk rata. Tambahkan lagi 1/3 bagian tepung terigu. Setelah rata, tambahkan 1/3 bagian putih telur. Lakukan hal yang sama pada sisa bahan.
3. Ambil seperlima adonan. Tambahkan cokelat pasta. Semprotkan adonan kuning ke cetakan lidah kucing. Semprotkan adonan cokelat di atasnya. Oven sampai matang.

tips :

gunakan campuran antara margarin dengan roombutter perbandingan 1:1 , sehingga kue lidah kucing kita akan harum deh ..
kalo mau ekonomis.. beli aja roombutter yg kualitas no 2 di toko bahan kue. harganya pasti lebih murah dibandingkan dengan butter yg di supermarket.

untuk mengocok putih telur supaya tidak cepat berarir kembali gunakan cream of tar tar 1/4 sdt aja untuk 1 resep. Kalo tidak punya, kocok putih telur dengan kecepatan rendah dulu, baru secara bertahap naikan kecepatan mikser sampai putih telur naik. hal ini akan membuat putih telur tidak cepat mencair kembali.


No comments:

Post a Comment