Wednesday, April 14, 2010

resep brownies panggang



saya sudah mencoba 3 resep brownies panggang yag oke semua loh ...
dari kiri ke kanan :
PENNYLANE BROWNIES - BROWNIES MELT AGOGO - RUMAHKUESALWA

ini dia ceritanya ...

PENNYLANE BROWNIES

resep dari mbak riana.. ijin copy resep ya mbak..
katanya ini resep brownies original.. dari rasanya terasa sekali coklat bubuknya dan jadi agak pahit menurut lidah jawaku yang suka manis manis.. hehehe. kalo anakku kurang doyan soale ada pahit pahitnya.. tapi kalo papanya doyan banget..
oh ya adonan ini kental lho jadi jangan buat di loyang yang tinggi, maksimal 4cm deh ..
pada waktu panggang aku taruh dirak tengah, panggangnya aku sekitar 30menit, suhunya sedang aja soalnya aku enggak punya termometer jadi aku kira2 dengan masukan tangan ke oven hehehe.. supaya didapat hasil luar cake yang kriuk2 tapi dalam tetap lembut.

ini dia resepnya
resep aslinya pakai cup tapi aku selalu bingung dengan cup yg digunakan lalu aku dapat lagi resep dengan gram sehingga lebih akurat.
minta ijin copy resep ya ..

Bahan :
4 telur
450gr gula
225gr minyak goreng
60gr coklat bubuk
210gr tepung
1/2sdt garam
1 sdt vanili
kacang2an

cara :
kocok telur dan gula hingga kental dan tercampur rata, masukan garam kocok lagi. matikan mikser. masukan ayakan tepung, vanili, dan coklat bubuk.
aduk rata. jangan terlalu lama. masukan minyak goreng, kemudian kacang2 sesuai selera. kalo suka atasnya bisa ditaburi kacang juga. Kemudian panggang dengan api sedang.

Catatan:
brownies ini manis karena gulanya yg banyak, untuk mengimbangi coklat bubuk yang banyak juga kayaknya. Aku pernah pakai van houten terasa sekali coklatnya dan cenderung pahit coklat. tapi tetep enak.. ^_^.
trus pada saat manggang kalo atasnya udah kelihatan retak dan kering sudahi saja, nanti dalamnya akan kering sendiri dan cenderung lembut.
Aku pernah kelamaan manggangnya, jadinya luarnya garing dan dalamnya juga kering. aku sih enggak terlalu suka, tapi saudaraku bilang enak karena garing banget. Jadi semua kembali ke selera, hanya kalo kita berpegang pada brownies yg asli adalah luarnya retak dan garing, dalamnya lembut dan pekat. gitu deh ...
oh ya jangan lupa dialasi kertas roti ya.. untuk antisipasi kalo lengket ke loyang ...
Untuk kacangnya biasanya aku sangrai ato goreng dulu jadi lebih matang.

BROWNIES MELT AGOGO

brownies ini enak banget, anakku suka, karena ada coklat ditengahnya jadinya manis dan legit deh. Ada yg bilang dibalik pada saat dingin, kalo aku diakali dengan kertas roti yg melebihi dinding, jadi kalo mateng langsung diangkat kertas rotinya enggak perlu dibalik.
Harusnya pakai coklat conventure yg bisa meleleh tapi la wong disini enggak ada jadi deh pake coklat blok biasa. Eh pake merk tulip lho cepet leleh.
mbak yenny ijin copy resepnya ya ...

bahan:
100gr mentega
100gr dcc
150gr gula kastor/ gula pasir yang butirannya halus
2 telur
1 bkgs vanili
100gr terigu
kacag2 an -boleh tidak pake

cara:
lelehkan dcc dengan cara ditim. setelah leleh semua masukan mentega aduk hingga semua tercampur rata.
campur ato kocok telur dan gula sampe gula larut, bisa dengan wisk aja kok.
masukan kedalam campuran mentega, aduk perlahan lalu masukan terigu dan vanili. aduk sebentar aja.
siapkan loyang brownies, taruh setengah adonan, masukan potongan coklat sebarkan diatas adonan, terakhir tutup dengan sisa adonan.
Panggang deh, atasnya taburi dengan kacang2an





7 comments:

Fikrisu said...

Nice article....sangat inspiratif. Good luck and salam kenal yach sob...by info mesin roti

~Just Mei~ said...

Ini pake loyang ukuran berapa ya?

Nanik Handayani said...

wuiiih kayanya enak tuh yang resep ke 2...mo coba ah

rezutopia said...

itu adonan telur ma gulanya gak di kocok sampe mengembang???

Dodi Teguh Arfianto said...

trimakasih, saya ijin copy resepnya. saya akan merintis usaha ini.


by: twiiter @rf_dodi

Ully Julia said...

mudah buatnyaa..

JAYA KUSUMA said...

aku pernah bikin brownis yg PENNYLANE BROWNIES tapi kok mengkerut ya? apa sebabnya ya mbak? pertama panggang uhhh bagus ngembangnya bagus eh kok lama2 turun sampe pendek dan mengkerut?

Post a Comment