Monday, April 19, 2010

resep cup cake


Untuk cup cake diperlukan cake yang agak berat, supaya cup cake tersebut kokoh. Pernah juga saya coba buat spongecake dalam cup, bisa juga sih, cuman kok terasa ringan ya .. kesannya kesenggol dikit aja.. jatuh deh ... kan riskan kalo mau dihias.. nanti udah dihias cantik cantik eh jatuh deh .. hehehe....
Memang kalo pake resep sponge cake akan lebih banyak hasilnya. bisa juga jadi pertimbangan kalo mau buat cup cake yang ekonomis. Hanya hati2 dalam pengemasannya ya .. juga hiasannya sebaiknya yang ringan2 saja.. pake butter cream aja.
Kalo mau pake resep ini lihat di resep sponge cake ya.

Kalo saya lebih sering pakai resep buttercake 2 telur dari NCC.. makasih NCC yang top..
meskipun udah 2 hari tetep empuk. mungkin karena ada penambahan cairan. Selain itu cake ini cukup kokoh sehingga cup cake kita akan tegak dengan cantiknya..

berikut resepnya :

butter cake 2 telur
bahan:
120gr mentega
1 bkgs vanili
250gr gula halus / gula yg butirannya halus
2 telur
200gr tepung
1 sdt BP
150ml susu cair
cara :
kocok mentega dan gula sampai mengembang, sampai mentega warnanya menjadi pucat. lalu masukan vanili, kemudian masukan telur 1 per 1 sambil tetap dikocok sampai mengembang. Setelah itu masukan tepung+BP (jangan lupa diayak dulu ya..) bergantian dengan susu cair. Caranya gini: sambil mikser tetap jalan dgn kecepatan rendah, masukan 1/3 tepung, mikser dulu sampai rata, lalu tuang 1/3 susu, aduk lagi. begitu seterusnya sampai 3 kali sehingga tepung dan susu habis. Terakhir biasanya saya aduk lagi dengan spatula. Setelah tercampur rata tuang dalam cup, dan panggang dengan api sedang.
Untuk menuangnya bisa pakai sendok makan, atau kalo ingin rapi dan tidak berceceran bisa menggunakan plastik segitiga, dijamin bersih deh ..
Untuk satu resep ini saya pake cup yang sedang jadi sekitar 22 buah.

Untuk variasi rasa biasanya saya ganti di cairannya, yang penting jumlah cairan yang digunakan tetap 150ml. Semisal kalo ingin rasa jeruk, saya ubah cairannya menjadi 100ml susu + 50 ml nutrisari. Kalo mau coklat ganti dengan 100ml susu coklat + 50ml coklat bubuk yg sudah dicampur air anget.
Begitu juga jika ingin rasa yang lain. Atau jika tidak ingin repot tambahkan susu dengan pasta yang ada sehingga jumlahnya tetap 150ml. Biasanya hanya digunakan 1 sdm pasta untuk satu resep.
Jadi bisa kita gonta ganti rasa sesuai yg kita inginkan.

Untuk contoh photo cupcake yang pernah saya buat ada di blog saya yang lain http://salmacake.blogspot.com/


Nahhh .. setelah cup cake kita jadi .. sekarang masalah menghiasnya ya ...
Kalo saya biasa menggunakan buttercream, banyak pertimbangan sih ...
pertama disini di kota saya yaitu jember.. belum tenar yang namanya fondant, mungkin karena mahal dan memang susah didapat disini.. saya udah tanya beberapa toko yang ada belum ngeh sama yang namanya fondant hehehe ...
kedua kalo whipped cream.. mahal.. dan juga tidak bersahabat dengan udara jember yang panas.. apalagi yang rumahnya enggak pake AC kayak rumah ku .. ^_^
Maka dari itu saudara-saudara ...
lebih enak pake buttercream kan ? hehehe
Ini ada resep butter cream yang aku dapat dari milis NCC. terima kasih milis ....

No comments:

Post a Comment