Monday, April 26, 2010

resep butter cream

Banyak sekali resep butter cream yang saya dapatkan dari milis NCC, tapi maafff... tidak semua saya coba, karena ada beberapa bahan yang tidak bisa saya dapatkan disini.
Jadi butter cream yang saya gunakan hanya dengan resep standart saja, yaitu mentega putih, gula cair, dan susu kental manis. kadang2 saya tambahkan sedikit vanila essen kalo punya .. ehehe kalo enggak ya vanila bubuk satu bungkus.

resep butter cream ke satu:
1kg mentega putih
1klg susu skm
50ml gula cair

resep butter cream dari buku NCC:
1kg mentega putih
600ml gula cair
1klg susu skm

Untuk resep yg pertama akan didapatkan butter cream yang agak kaku sehingga enak kalo buat mawar.
Untuk yang kedua lembut banget, enak kalo buat poles.

Semua yang kita buat biasanya dengan pertimbangan harga bukan ? hehehe begitu juga saya, jadi saya udah eksperimen dengan berbagai bahan ..
nih saya kasih ulasannya ya ....

1. mentega putih

untuk di jember, saya mendapatkan 2 jenis mentega putih, dengan perbandingan harga setengahnya. Duh maaf ya saya tidak berani memberikan mereknya takut dimarahi deh ..
tapi saya mau memberikan harganya.. per april 2010 ini harga yang satu 10ribu perkilo, satunya 22 ribu perkilo.
dan ternyata berpengaruh dengan rasanya. Yang murah terasa ngendal di mulut yang satunya tidak cukup halus lah .. saya pernah tanya di toko untuk mendapatkan yang kualitas lebih tinggi lagi.. sayangnya tidak ada. akhirnya semua kembali lagi ke daerah masing2 ya .. kalo di jember belum laku ya tokonya tidak mau jual deh ..
Saya sangat menyarankan memakai yg lebih mahal dikarenakan yg murah bener enggak deh .. jadi kalo memang dananya terbatas tetep pakai yang mahal cuma ditipiskan saja buttercreamnya jangan tebal2 jadi lebih irit, gitu saran saya.

2. susu kental manis

kalo ada dana gunakan skm yang mahal.. yang harganya sekitar 7500 per april 2010 ini.
tapi kalo dana mepet gunakan yang sedang saja. cuma jangan lupa dicicipi butter creamnya, soalnya ada yg kurang manis sih skmnya.

3. gula cair

saran saya beli jadi aja deh di TBK.. saya beberapa kali coba bikin sendiri kok ya tidak bisa semulus kayak yang di tbk ..

1 comment:

mixmix said...

thanks mbak...sangat membantu...jempol 10 deh...wkkkk

Post a Comment